Kembali Ke Atas
Loading...
Temukan kami di:

Arab Saudi Kucurkan Bantuan untuk Palestina


Riyard,mBambung.com- The Saudi Fund for Development (SFD) telah mentransfer US$60 juta ke rekening Kementerian Keuangan Palestina. Pengumuman tersebut disampaikan langsung Duta Besar Arab Saudi untuk Mesir dan perwakilan tetap kerajaan untuk Liga Negara-negara Arab, Osama bin Ahmed Naqli.

Naqli menjelaskan bahwa jumlah yang dikirim mewakili kontribusi bulanan Arab Saudi. Bantuan tersebut guna mendukung anggaran Otoritas Palestina untuk November dan Desember 2018, dan Januari 2019.

Pencairan dana itu, tambahnya, datang dalam kerangka kerja dukungan permanen Arab Saudi untuk tujuan Palestina. Bantuan tersebut akan digunakan  di semua tingkat politik, ekonomi, dan kemanusiaan, seperti dilaporkan Middle East Monitor, Kamis (14/2).

Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat ini sedang melakukan kunjungan resmi dua hari ke Ibu Kota Saudi, Riyadh. Kunjungan Abbas tersebut untuk mengadakan pembicaraan mengenai perkembangan politik di Pa-lestina dengan Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz dan putra mahkota Mohamad Bin Salman.

Sebelumnya Raja Salman mengatakan kepada Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, bahwa Arab Saudi berkomitmen pada negara Palestina yang merdeka dengan Jerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Hal itu dikatakan Raja Salman sebelum konferensi tentang perdamaian dan keamanan Timur Tengah yang digagas Amerika Serikat (AS). Konferensi perdamaian dan keamanan Timur Tengah telah digelar pekan ini di Polandia.

"Saudi secara permanen berpihak pada Palestina. Saudi secara permanen berpihak hak rakyat Palestina untuk negara merdeka dengan Yerusalem Timur yang diduduki sebagai ibu kotanya," laporan Saudi Press Agency.

Seperti dilansir AFP, Rabu (13/2/2019), penegasan itu disampaikan Raja Salman saat bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmud Abbas, yang sedang berkunjung ke Riyadh pada Selasa (12/2) waktu setempat.

"Secara permanen mendukung hak-hak Palestina dan rakyatnya untuk sebuah negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota," kata Raja Salman seperti dikutip Saudi Press Agency (SPA).


Penegasan itu disampaikan Raja Salman saat Amerika Serikat (AS) sekutu Saudi mengajukan proposal upaya perdamaian antara Israel dan Palestina. Ajakan tersebut disampaikan AS di konferensi perdamaian dan keamanan Timur Tengah yang digelar pekan ini di Polandia.

Sumber: Antara dan AFP





Mau komentar? Klik di sini!
loading...
loading...

 

Ketik dan Tekan Enter